Cara alami merawat kuku

0
 

Cara alami merawat kuku, Ketika kita memiliki tubuh yang sehat tentu hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kita. Tidak terkecuali ketika kita memiliki kuku yang bersih dan sehat, tentu hal tersebut akan menjadi cerminan bagi tubuh kita. Karena orang lain juga akan memperhatikan bagian tubuh kita yang satu ini, jika kuku kita sehat dan bersih maka orang lain juga akan memberikan cap diri kita sebagai orang yang bersih dan tidak jorok.

Selain itu, dengan kuku kita bersih dan sehat juga akan menjadikan kita akan tampil lebih percaya diri, karena kuku juga bisa menjadi elemen terpancarnya pesona kecantikan atau pun ketampanan seseorang. Akan tetapi, masih banyak dikalangan kita yang mengabaikan dan melupakan tentang kebersihan kuku. Padahal kuku yang kotor dan tidak terawat bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh, karena biasanya kuman dan juga bakteri akan bersembunyi dan menempel di dalam kuku yang kotor tersebut. Tentu Anda tidak mau kan hanya gara-gara kuku, Anda menjadi sakit?

Merawat kesehatan dan kebersihan kuku sekarang ini bukan merupakan hal yang baru. Banyak kita jumpai orang-orang di sekitar kita atau kalangan selebriti yang rela mengeluarkan uang hanya untuk mendapatkan kuku yang cantik dan sehat. Tentu ini bisa menjadi bukti bagi kita bahwa kesehatan kuku itu juga penting, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh yang lain. Lalu bagaimana jika kita memiliki kendala dengan keuangan yang tidak mampu untuk pergi ke tempat kecantikan dan kesehatan kuku? Anda tidak usah khawatir, karena Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan biaya yang relatif murah bahkan bisa gratis.

Sang Maha Pencipa memang benar-benar sangat dermawan karena telah memberikan segala yang ada di muka bumi ini untuk bisa dimanfaatkan oleh hambanya dengan sebaik-baiknya. 

Ada banyak sekali bahan-bahan alami yang telah ada di muka bumi ini yang bisa kita manfaatkan untuk merawat kuku agar tampak yang cantik dan sehat. Apa saja alam yang disediakan oleh Sang Pencipta itu? Berikut beberapa cara alami untuk menjadikan kuku tampak cantik dan sehat,
  1. Lemon atau jeruk nipis 
    Lemon atau jeruk nipis bisa dipakai untuk menjadikan kuku tampak bersih dan mengkilap. Caranya siapkan lemon atau jeruk nipis lalu peras airnya ambil kira-kira 1 sendok makan. Kemudian campur dengan pasta gigi dan aduk hingga rata. Selanjutnya oleskan pada kuku baik tangan atau pun kaki satu persatu hingga rata dan biarkan sampai kering. Setelah itu basuh dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur minimal 1 minggu sekali agar hasilnya maksimal. Selain itu ada cara yang lebih praktis yaitu dengan cara menggosokkan lemon atau jeruk nipis secara langsung ke kuku tangan atau kaki. Caranya potong lemon atau jeruk nipis menjadi beberapa potong lalu gosokkan pada kuku sampai bersih, maka kuku akan tampak cerah dan bersih.
  2. Belimbing wuluh
    Buah yang memiliki nama latin avverhoa bilimbi dan dikenal juga sebagai belimbing sayur ini bisa menjadikan kuku tampak bersih dan sehat karena bisa membersihkan kotoran di sela-sela kuku. Caranya potong atau bisa juga dalam keadaan utuh lalu gosokkan pada kuku hingga bersih. Lakukan secara rutin karena selain kuku tampak bersih, kuku juga akan menjadi lebih kuat.
  3. Bawang putih
    Selain khasiatnya baik untuk kesehatan, bawang putih juga bisa menjadikan kuku menjadi bersih dan kuat. Caranya haluskan bawang putih lalu tempelkan pada kuku dan biarkan hingga beberapa menit lalu bersihkan dengan air bersih. Atau dengan cara menggosok - gosokan bawang putih pada kuku hingga beberapa menit kemudian diamkan lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara-cara ini dengan rutin dan teratur maka kuku Anda akan kuat dan tampak bersih.
  4. Lidah buaya
    Selain menyehatkan, lidah buaya juga bisa menyantikkan tubuh salah satunya untuk kecantikan kuku. Caranya ambil lidah buaya lalu potong beberapa bagian kemudian oleskan pada kuku dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya bilas kuku dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin dan teratur, maka kuku akan tampak sehat, bening, dan cantik.
  5. Kunyit
    Memiliki kuku yang menghasilkan bau kurang sedap tentu bisa membuat rasa percaya diri berkurang. Jika Anda mengalaminya, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami kunyit. Caranya siapkan kunyit lalu parut dan campur dengan beberapa tetes minyak zaitun dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan campuran bahan tersebut pada kuku dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.
  6. Campuran antara madu, minyak zaitun, dan telur
    Ternyata kuku juga membutuhkan akan nutrisi, karena jika kuku kurang akan nutrisi biasanya kuku akan tampak kering dan kusam. Anda bisa mengatasi masalah ini. Caranya ambil 2 sendok madu lalu campur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian panaskan dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga rata lalu angkat. Selanjutnya siapkan 1 butir telur lalu kocok dan campurkan ke dalam campuran madu dan minyak zaitun tadi serta aduk hingga rata. Kemudian rendam kuku tangan atau kaki ke dalam ramuan tersebut kurang lebih 10-15 menit lalu angkat dan bersihkan dengan air hangat.
Bagaimana? Sangat mudah bukan? Dengan biaya yang murah, namun hasilnya sangat mewah. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)